10/20/2008

Kita harus mengutamakan pelanggan


bisnis online,panduan bisnis online,tutorial blog
Sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses di bidang yang dia jalani,kita harus benar-benar ahli dalam 1 hal:

Memahami kebutuhan pelanggan.

Ya...memahami kebutuhan pelanggan!

Tidak terlepas juga dari yang nama nya bisnis online.Bagi anda yang ingin serius dalam bisnis online,bagi anda yang ingin membangun bisnis sendiri di internet,jangan lupa 1 hal:

PELANGGAN ADALAH ASET TERBESAR KITA.

Kita sebagai pengusaha harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan para pelanggan kita yang terus berubah-rubah dari waktu ke waktu.Dan yang paling penting,KITA HARUS BISA MEMENUHI KEBUTUHAN PELANGGAN.

Pelanggan hanya akan membayar untuk apa yang mereka inginkan.

Banyak pelanggan yang meninggalkan produk yang sudah biasa dipakai nya hanya karena sedikit perkataan yang tidak enak dihati mereka.

Didalam produk yang saya kelola,VALUE yang paling saya andalkan adalah PELAYANAN.

Faktanya,dalam perjalanan bisnis online,buku panduan hanya berpengaruh sekitar 30% dalam kesuksesan kita.

Faktor terbesar menurut saya adalah pelayanan dari admin dan bimbingan yang teratur terhadap member.Banyak sekali hal-hal yang tidak bisa kita selesaikan hanya dengan membaca buku panduan,semua bisa terselesaikan dengan praktek.

Saya beri contoh,ketika saya belajar membangun bisnis saya,saya sempat mengalami kesulitan dalam menginstall script di server,padahal buku panduan yang diberikan sudah sangat jelas sekali.Dan saya sudah mengklaim bahwa saya sudah mengikuti semua petunjuk nya tanpa ada yang berbeda sedikitpun.

Pada kenyataan nya saya selalu gagal,proses install tidak berhasil.

Akhirnya saya minta dibimbing oleh teman saya yang memang ahli dalam hal web dan hosting.

Saya dijelaskan langkah demi langkah,hingga akhirnya saya menemukan ada nya kesalahan kecil dalam proses penginstalan script.

Saya dapat ilmu yang luar biasa dari kasus ini.Ternyata memang nilai bimbingan itu lebih berharga daripada buku manual yang kita dapat.

Contoh kasus tersebut adalah contoh bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kebutuhan pelanggan berbeda-beda.Tapi pada setiap bidang biasa nya ada 1 kesamaan kebutuhan.Sebagai contoh:

Bidang saya adalah membuat ebook dan artikel tentang panduan bisnis online untuk pemula,berarti rata-rata pelanggan saya mempunyai 1 kebutuhan yang sama,yaitu BIMBINGAN.Kenapa? jawaban nya sederhana,karena target market saya dan member saya hampir semua nya dalah pemula.

Begitu juga dengan bidang yang lain.Biasa nya ada 1 kesamaan kebutuhan setiap pelanggan nya.

Jadi,dalam menajalankan bisnis online pun jangan lupa 1 hal:

UTAMAKAN PELANGGAN,JANGAN KECEWAKAN MEREKA,PENUHI KEBUTUHAN MEREKA,MAKA MEREKA AKAN JADI PELANGGAN SETIA UNTUK ANDA.

Terimakasih
Salam sukses!


Referensi panduan bisnis online untuk anda:

Dapatkan buku panduan bisnis online DISINI

Baca juga yang ini ya :



0 komentar:

Posting Komentar

 


www.proses2sukses.com. Copyright 2008 | Jasa Pembuatan Web | Edit Template by Cheap Minisite Design