
Saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya.
Dalam perjalanan saya berbisnis online,saya sudah mengikuti sekitar 4 program affiliasi.
Dan saya pernah SANGAT KECEWA dengan 2 program affilasi yang saya ikuti.Saya tidak perlu meyebutkan namanya.
Di kedua program affiliasi tersebut sebenar nya permasalahan nya hampir sama,mengenai pelayanan terhadap client yang sangat mengecewakan!
Di program yang pertama lebih parah lagi,sekarang admin nya udah ga tau kemana,di tlp ga pernah diangkat,di email udah berbulan-bulan ga di balas.Saya mengajukan komplain terhadap produk yang dia berikan.
Kalau yang kedua,agak mendingan,hanya pelayanan admin nya sangat menyakitkan hati saya.
Sekarang coba anda bayangkan,anda sebagai seorang client ada kendala,bertanya melalui email,sudah 3 hari tidak ada respon sama sekali,lalu saya mengirim email lagi kepada admin nya,yang awal nya saya hanya mengajukan pertanyaan,saya akhirnya komplain terhadap pelayanan kepada client yang sangat lambat.
Lalu si admin membalas dengan perkataan yang sangat menyakitkan,dia berkata seperti ini:
"anda itu bukan siapa-siapa,anda itu bukan orang penting,jadi saya tidak harus mendahulukan anda,tidak ada yang istimewa dari anda....bla...bla...bla..."
Ya mungkin memang saya tidak tahu,mungkin memang admin nya lagi sibuk,atau lagi banyak komplain dan pertanyaan,dll,tapi tentu nya sangat sangat tidak pantas sekali seorang admin berkata demikian terhadap client baru nya.
Seharus nya dia bisa membalas dengan perkataan yang lebih baik,misal nya:
"maaf pak baru membalas,sistem yang kami pakai adalah first come first serve,email yang datang kepada kami banyak sekali,jadi kami baru sempat membalas email anda sekarang.Kami mohon maaf atas ketidak nyamanan ini."
Jika anda sebagai seorang pembeli,anda ingin diperlakukan seperti yang mana?mana yang anda pilih?
Di sini saya ambil hikmah nya,bahwa jangan sampai kita mengecewakan konsumen sekecil apapun,mereka adalah aset kita,kita tidak berarti apa-apa tanpa mereka.
Maka kita sebagai pihak admin harus benar-benar memahami "BAGAIMANA CARA BERHUBUNGAN DENGAN MANUSIA,YANG PENUH PERASAAN,LOGIKA,DAN PRASANGKA."
Saya punya beberapa tips dalam cara melayani konsumen yang baik:
1.Jangan pernah menganggap diri kita adalah yang terhebat,diri kita adalah raja,ingat bahwa PEMBELI ADALAH RAJA.
2.Kasih penjelasan yang detail terhadap pertanyaan konsumen,jangan menjawab sekedarnya.
3.Jalin hubungan yang baik dengan konsumen,dengan cara menanyakan kabar mereka melalui email,menanyakan perkembangan bisnis nya,menanyakan kendala yang mereka alami.
4.Jika anda terlambat melayani mereka,beri penjelasan yang baik kepada mereka.Saya rasa konsumen akan mengerti jika kita menjelaskan dengan baik.
5.Jika bisa,jalin hubungan dengan client jangan hanya sebatas bisnis saja,adakan acara-acara seperti kumpul bareng dengan member,makan bareng,dan kegiatan-kegiatan sejenis.
Saya rasa jika kita bisa menggunakan tips diatas secara konsisten,maka kita akan mempunyai pelanggan-pelanggan yang setia kepada kita.Mereka akan sangat dengan senang hati mendukung kita.Mereka akan dengan senang hati membeli produk yang kita keluarkan.
Kenapa bisa seperti itu?
1.Karena mereka sudah percaya kepada kita
2.Karena mereka sudah menganggap kita sebagai sahabatnya atau bahkan keluarga nya.
Nilai-nilai seperti itu yang sangat mahal harga nya,tidak bisa dinilai dengan uang.
Selamat bekerja menjadi admin yang baik! :)
Terimakasih
Selamat mencoba...
Salam sukses!
Referensi produk bisnis online untuk anda:
1.Dapatkan buku panduan bisnis online DISINI
2.Program baru bisnis online,sistem sederhana,lihat DISINI
0 komentar:
Posting Komentar